Friday 4 December 2015

Merawat Hidup Bicara Umur


Arti Merawat Hidup ala Opa Abraha Lim

Hampir sebulan pertemuan, sepulang dari Hutan Mangrove itu berlalu. Obrolan di atas kursi BKTB masih teringat jelas. Usia sudah 64 tahun, badannya masih terlihat bugar dan energik. Di usia senjanya, masih sibuk dengan bisnis batu di PIK 2. Kendaraan  tinggal  dan memilih berkendaraan umum yang murah meriah dan tidak dipusingkan dengan lahan dan biaya parkir beserta macet, katanya.

Namanya Abraham Lim, opa pengusaha batu yang di suplai dari luar jawa.  lelaki tua asal Solo keturunan Cina ini bercerita tentang kesibukan usai meninjau batu-batu yang sudah mereklame Pantai Indah Kapuk.  Foto -foto berburu batu di Lampung dan Kalimantan ia tunjukkan padaku. Menurut beliau PIK 2, akan menjelma Dubai 30 tahun mendatang, jembatan replika dari Turki sudah berdiri. Sekarang sedang proses reklame dan pembangunan ruko-ruko artistik. Lebih dari 12 pulau akan membentang diatas laut. Betapa megahnya Dubai yang aku lihat di televisi, namun akan dikalahkan oleh PIK 2 yang ada di Jakarta.


Beliau berbagi asam garam kehidupan. Meski ditengah obrolan banyak terpotong gegara telp flip flop sering berdering. Banyak diantaranya bercerita  tentang keseimbangan Ying dan Yang dalam hidup. Maksudnya, membebaskan pikiran dan berhati lapang hingga terbebas dari stress. Beliau juga menambahkan penyebab penyakit dan kematian lebih cepat seseorang ada 2 faktor, yaitu gaya hidup dan asupan makanan. Hidup sederhana beliau pilih yang membuat jiwa dan raganya terlihat lebih muda. Memilih makan sayuran dan menu yang tidak membuat lambung bekerja keras.Merawat tubuh sesuai porsi, berpikir positif, hati yang tenang, asupan makanan yang halal lagi baik dan selalu berdekapan dengan Maha Bijak.

Teringat nasehat dari Aa Deda saat di Daarut Tauhid menjelaskan tentang 3 umur. Yakni umur biologis, kronologis/kalender dan  umur. Umur biologis adalah umur seseorang berdasarkan kematangan sel-sel biologis tubuhnya, sedangkan umur kronologis adalah umur seseorang yang dihitung mulai saat kelahirannya berdasarlan perhitungan kalender.Umur amal adalah umur seseorang yang dihitung berdasar amal perbuatan selama didunia yang dipertanggung jawabkan hingga akhirat kelak.

Dan benar sesuai dalam hadits yang menyebutkan salah satu jalan memperpanjang umur dengan bersilaturrohmi. Pertemuan yang semoga atas kehendak Allah membawaku mengerti arti merawat hidup. Setiap perjumpaan setiap itu pula ada cerita baru, entah itu orang lama atau sosok yang baru ditemui.


No comments: