Saturday 7 September 2013

Fiksi Cerpen Religi

                                    Rezeki yang Tak Terduga-duga


            Roda kehidupan memang berputar dan akan terus berputar. Alasan cinta yang mengerumun selalu membuat kehangatan. Kesetiaan dan menerima apa adanya menjadi kunci kebersamaan dalam suka dan duka. Lara duka, sedih bahagia bersifat sementara. Apapun keadaan itu terbukti keseimbangan memaknai proses dinamika hidup. Menikmati itu jalan yang terbaik diantara tawakkal, doa dan ikhtiar.
                       
                                                            ***
            Seperti biasanya sedikit mentari mulai tergelincir ke barat, aku baru pulang dari sekolah. Hampir seminggu menu makan siang adalah lodeh kates atau pepaya. Menu pepaya yang dicacah panjang-panjang dengan bumbu tumis yang menggoda. Emak sudah tak mampu berbelanja lagi ke pasar. Sadar sekali kepahitan telah melingkari keluarga kami. Mau mengeluh juga bagaimana malah harusnya bersyukur masih bisa menelan bersuap-suap nasi. Bekal beras panen bulan ini masih bersisa hanya saja untuk jajan, ongkos dan uang saku untuk anak-anak masih kurang. Di kebun samping rumah Mbah yang terlihat hanya pepaya yang berbuah untuk dimakan. Ada juga daun singkong sebagai lalab, menunggu beberapa hari kemudian Emak memasak pakai santan.”Sesekali makan sayur berkuah” ujar beliau bijak.
Upah Bapa sebagai buruh tani belum dibayar, di kebunpun sedang tak bermusim buah.

            “Pa......Bapa.....” adik bungsuku memanggil dengan lirih.
            “Hmmm ….” saut Bapa yang sedang tiduran di atas rusbang.
            “Kata Bu guru, diminta beli buku LKS Rp.10000 paling lambat 3 hari dari sekarang”
            “Hmmm.....”  Bapa menyauti  dengan nada yang sama.
            “Pa, koq cuma hmmm hmmm aja” ade bungsu telihat kesal, bibirnya manyun.
            “Iya Nak, sabar pasti secepatnya Bapa kasih uangnya kalau ada” ucap Bapa sambil bangun dari pembaringannya.dan mengelus rambut hitam bocah kelas 1 SD itu.
           
            Kegelisahan terpancar dari raut muka emak dan bapa yang berusaha mereka sembunyikan. Komunikasi kecil mereka terdengar olehku. Ade-adeku yang masih duduk di SD menjadi prioritas, uang saku mereka sudah dipersiapkan. Mereka asik dibangku meja makan menikmati sarapan bermenu gorengan dan acap kali dengan gorengan saja. Tinggal Mba-Mbanya saja yang belum. Ongkos angkot dari rumah ke sekolah selama masih berbaju seragam. Menurutku tak ada uang jajanpun tak apa yang penting ada ongkos sampai sekolah toh bekal sarapan cukup menemani aktifitas sampai pulang nanti.

            Dari pintu depan terdengar ada seseorang yang mengetuk pintu dibarengi ulukan salam.   
            “Wa alaykumussalam” jawab Bapa sambil membukakan daun pintu.
            “Kalau tidak salah kamu itu...” Bapa mengais ingatan sambil menggaruk-garuk rambut berubanya yang tak gatal.
            ''Enggih Uwak, saya cucu almarhum, ini amplop ucapan terimakasih karena kemaren sudah membantu pemakaman almarhum”  dibarengi mengulurkan tangan.
            '' Ayo, masuk dulu, silahkan duduk” Bapa mempersilakan ramah.
            ''Maturnuwun Uwak, masih harus ke rumah yang lain, Assalamualaykum”
            ''Wa alaykumussalam” Bapa masih bengong dan terheran-heran memegang amplop putih yang beliau terima.
Subhanalloh wal hamdulillah. Syukur yang teramat dalam Bapa panjatkan atas berkat Allah SWT. Karena sepanjang umur Bapa membantu proses penggalian kubur siapapun tak pernah dibayar, baru kali ini terjadi. Membantu proses penggalian liang lahat merupakan bentuk saling membantu antar sesama tanpa pamrih oleh setiap warga dengan suka rela. Menurut Bapa memang menjadi kebutuhan manusia untuk saling membantu. Rezeki Allah SWT tak disangka-sangka sebagai makhluk ciptaanNya wajib untuk berikhtiar tanpa meninggalkan akan kehadirat Nya.       

            Sebagai makhluk sosial  Bapa tak lepas dari acara perkumpulan, termasuk  memenuhi undangan  walimatul hitan. Saat pulang anak-anak sudah terlelap tidur diatas ranjang kayunya. Padahal cangkingan makanan berat itu belum termakan dan masih sangat utuh tanpa tersentuh. Bulan sudah terbit, Emakku berinisiatif membawa cangkingan itu ke tetangga sebelah, yang belum lama menjadi piatu setelah kepergian ibundanya dipanggil Sang Kuasa. Yakin Emak biar pun kekurangan hidup untuk berbagi itu wajib dan tak harus berbentuk materi.
           
            Pagi terlampaui sudah, aku melihat kerutan dimuka bapa makin terukir jelas. Dalam diamnya menyernyitkan dahi seakan berpikir keras. Matanya nanar mengingat ucapan lirih anak bungsu dan kakaknya memelas meminta uang untuk membeli buku LKS (Lembar Kerja Siswa). Amplop itu tak mencukupi permintaan buah hati.
            Segelas nteh tubruk hitam tersanding diatas meja selalu menemani pagi Bapa.  Biasanya pisang goreng, gemblong atau gorengan tersedia. Singkong yang dipotong berbentuk balok dan digoreng tanpa balutan apapaun kini mendampingi gelas itu. Kami sering meyebutnya balok, cemilan ringan mengganjal perut.

                                                ****

            Masih disambut dengan lodeh kates, pastinya racikan bumbu tangan emak yang sedap. Sore belum terlalu petang, Tungku di Pawon emakpun abunya sudah dingin. Pertanda emak masak pagi hingga menjelang siang. Biasanya dulu tiap kali pulang sekolah emak sibuk memainkan wajan dan perangkatnya dengan lincah. Peyek khas emak berkelana hingga penjuru desa Adisana. Modal yang sedikit dan kebutuhan yang tak terbendung membuat emak sementara tak selincah dulu. Berteman pekarangan dibelakang rumah Mbah menanam benih-benih sayur dan tanaman lain yang bermanfaat.
           
            Senja baru saja garang menampakkan garang merahnya. Sementara itu para bocah asik berlarian kesana-kemari bermain. Suara guyon dan tapak kakinya jelas terdengar dari balik dinding rumah. Tiba-tiba terdengar suara yang tak asing didalam rumah menyapa kami. Ya, tumben sekali Mbah  mampir ke rumah. Sudah hampir 2 minggu ini beliau tak bertandang, hanya saja Mbah kakung yang kerap mengunjungi kami.
            ''Nak....pisangnya sudah ranum tuh di kebun belakang” suara Mbah meninggi.
            “Rupanya ada Mbah toh, koq ga lihat masuknya” ujar emak seraya menyulur tuk bersalaman dan cium tangan beliau dan disusul Bapa.
            “Iya Nak, tadi lewat pintu samping rumah, maaf ga salam” ucap Mbah dengan menyunggingkan bibirnya sambil membenarkan kain batiknya yang sedikit melorot.
            “Ada apa Mbah, mau nengok cucu nih?”
            “Itu lho Nak, pohon pisangnya dah siap ditebang, sayang nanti kalau sampai kebalap sama kalong” dengan semangat dan sumringah Mbah menjelaskan.

            Girang bukan kepalang rasanya mendengar kabar tsb. Bapa segera mengambil pisau dan diantar sendiri oleh Mbah putri karena Bapa tak melihat keberadaan pohon pisang itu. Kembali tak disangka-sangka, padahal kebun itu sering Bapa kunjungi, namun luput dari penglihatannya. Belum sampai dirumah, setandan pisang dengan 12 sisir itu sudah ditawar tetangga dengan harga yang lumayan. Limapuluh ribu lebih dari cukup untuk memenuhi permintaan buah hati dan sisanya untuk kebutuhan makan. Hingga besok Bapa mendapat bayaran membantu mencangkul di sawah uwak Haji.

            Sungguh benar ini rezeki yang tak terduga-duga yang tak pernah diketahui melalui banyak jalan. Sungguh janji Allah tak pernah ingkar, terealisasi dari ayatnya “min haitsu laa yahtasib”. Maha luas Allah SWT dengan segala karuniaNya yang telah memberi kenikmatan yang tak terhingga. Tak pernah meninggalkan hambanya yang selalu memanjatkan doa dalam setiap ibadah dan dzikirnya.





                                   
           

1 comment:

PAK JAYANTO.DI MALANG said...

Untuk Anda Yang Selalu Kalah Di Dalam Permainan TOGEL.Anda Tdk Usah Lagi Memikirkan Kekalahan Anda.Sekarang Saya Suda Menemukan Solusi Nya.Pada Waktu Itu.Saya Sering Mendengar Cerita Tentang Adanya Angka Ghoib/Ritual.Maka Dari Itulah Saya Makin Penasaran Dgn Adanya Angka Ghoib Itu.Akhirnya Saya Mencoba Menghubungi Beliau Dan Meminta Angka Ghoib Itu.Meskipun Di Pikiran Saya Kurang Meyakinkan.Dan Ternyata Angka Nya Benar2 Terbukti Tembus 100% SGP 4D Yaitu(3137)Alhamdulillah Saya Dapat(47)jta.Saya Betul2 Tidak Menyangka Ini Semua Akan Terjadi Kpda Saya'Dan Semua Hutang2 Saya Suda Saya Lunasi.Kini Saya Suda Hidup Tenang Dan Tdk Di kejar2 Hutang Lagi Seperti Dulu.ini Adalah Benar2 Kisah Nyata Saya.Untuk Saudara2 Saya Di Mana Pun Anda Berada Yang Mengalami Masalah Keuangan Dan Yang Ingin Mendapatkan Angka Ghoib HasiL RituaL/Jitu'2D_3D_4D_5D_6D'Di Jamin 100% TEMBUS Silahkan Anda Hubungi Langsung AKI,BARAKA Di NoMor(_0_8_2_3_1_0_2_9_6_7_7_7_)Ini Bukan Sekedar Reka Yasa Untuk Di Pamerkan.Jika Anda Penuh Kepercayaan Dan Keyakinan Silahkan Anda Buktikan Sendiri Jika Anda Ingin Mengubah Nasib.Terimah Kasih Thankz Roomx Zhobath ★