Friday 9 February 2018

Barang Kecil Dirumah yang Terlupakan

Barang Kecil Dirumah yang Terlupakan


Memiliki pengalaman berganti-ganti kontrakan, secara tidak sengaja banyak mempelajari lingkungan sekitar. Secara umum terlihat sering oleh kasat mata. Kebutuhan yang seharusnya penting tersisihkan oleh yang namanya gaya hidup. Banyak orang terlihat mewah secara kemasan luar, namun bak rongsokan untuk urusan dalam. Kalau boleh dikaya, bodi mercy onderdil bajaj.

Berikut beberapa barang keperluan rumah tangga yang sering terlupakan

*Pakaian dalam
Memakainya didalam tak mesti selalu tertutup. Tidak langsung, terkadang melihatnya saat dijemur atau tidak sengaja terlihat saat menjongkok atau peristiwa lain yang membuat terbuka. Miris saat melihat celana dalam dengan kondisi karet yang sudah molor, sobek masih saja dipakai. Dan ternyata pemilik celana dalam atau bra yang koyak adalah wanita cantik. Acap kali keluar rumah dengan luaran yang bagus dan dandan yang cantik. Baiknya, secara umum ahli pakaian dari Textiles, Paper & Plastics Lab di Good Housekeeping Institute menyarankan bahwa pakaian dalam harus diganti setiap 6 bulan sekali. Bukan hanya pakaian dalam sudah usang, tapi juga membuang kemungkinan timbulnya penyakit karena bakteri yang tinggal di kain pakaian dalam.


*Gantungan baju
Gantungan baju dapat terbuat dari kayu, kawat, palstik, beberapa bahan karet gunakan untuk mengeringkan pakaian setelah dicuci tetapi masih banyak lagi kegunaan dari gantungan baju. Para perantau yang mengontrak biasanya memulai dari 0. Namun untuk ukuran belajar mandiri rumah tangga ukuran harga gantungan masih murah. Mengingat lahan kontrakan biasanya tidak selebar rumah pada umumnya. Mengefisiensikan tempat menjadi penting sebab lahan yang tak seberaoa itu harus berbagi dengan yang lain. Ini bisa menjadi penyebab timbulnya konflik.

*Sandal Jepit
Sandal jepit merupakan kebutuhan sehari-hari yang tidak kalah pentingnya dengan listrik.  Bahkan antara sandal jepit dengan listrik ada hubungan. Kalau anda sedang memperbaiki arus listrik (kabel), harus memakai sandal jepit, kalau tidak memakai anda bisa kesetrum. Anda yang pernah mengontrak pasti mengalami kehilangan sandal jepit. Sandal tipis yang ringan dan praktis paling nyaman dipakai untuk jalan yang cepat, tepat. Seperti berbelanja diwarung sebelah atau yang penting untuk alas saat wudhu.

*Galon air
Perlu diketahui, Kebutuhan asupan cairan setiap orang berbeda-beda, tergantung usia, berat badan, penyakit, hingga iklim. Kebutuhan air pada bayi atau anak-anak dan lanjut usia tentunya lebih sedikit dibanding orang dewasa sehat. Normalnya, remaja dan dewasa sehat perlu minum air putih 8 gelas per hari atau dua liter. Dengan mempunyai galon, yang biasanya berisi 19 L, meminimalisir dehidrasi dan menghemat keuangan. Dengan satu botol besar dengan ukuran 1.5 L, praktis membuat sering ke warung dan boros.

*Spons cuci piring
Pada zaman dahulu cukup menggunakan serabut kelapa dan sabun. Seiring perkembangan zaman spons cuci piring didesign mudah dan praktis dan dengan harga murah. Namun sayang, ada banyak yang menepikan itu. Padahal mencuci piring atau gerabah merupakan kegiatan sehari-hari. Spons cuci piring adalah ‘rumah’ bagi triliunan bakteri. Menurut profesor Markus Egert, ahli mikrobiologi di Universitas Furtwangen di Jerman, yang juga memimpin penelitian ini, spons cuci piring adalah tempat favorit kehidupan mikroba karena memiliki area permukaan yang sangat besar, basah, dan disimpan di lingkungan dapur yang hangat. Kotoran dan sisa-sisa makanan yang tertinggal di spons juga menjadi makanan bagi bakteri.Dari penelitian tersebut, ditemukan fakta bahwa spons dapur bekas, meski yang kondisinya masih terlihat bagus, bisa menjadi ‘rumah’ bagi hampir lima triliun bakteri. Banyaknya jumlah bakteri ini, membuat spons cuci piring bahkan lebih kotor dari limbah toilet.

*Gunting kuku
Gunting kuku adalah kebutuhan dalam setiap individu, tidak peduli laki-laki atau perempuan. Perlu gunting kuku untuk membentuk kuku untuk kuku yang bersih dan rapi. Bisa saja menggunakan pisau atau silet karena kemungkinan meleset dan melukai kuku. Menggunakan gigi juga bisa, ini akan membuat kuku rusak dan kuku tidak rapi. Barang sekecil itu sering terlupakan, padahal menjaga kesehatan itu sangat penting.

Nah, itulah beberapa perlengkapan rumah tangga yang sering terlupakan. Kebanyakan adalah kebutuhan untuk kebersihan. Memiliki perlengkapan yang lengkap mencerminkan kepribadian bagi pemilik. Karena pikiran dan hati dicerminkan oleh perilaku sehari-hari.

No comments: