Saturday 3 February 2018

Es Podeng Bukan Es Doger

Es Podeng Bukan Es Doger
Es podeng nikmat


Sejak tinggal di Ibu kota yang panas, rasanya tak ingin jauh-jauh dari minuman dingin. Ingin yang tak selalu terturuti mengingat setelah menikah tak lama kemudian hamil dan menyusui. Awalnya hanya mengenal es selendang mayang khas betawi yang sering dijumpai di Kota Tua. Kemudian mengenal lagi es doger, yang sebelumnya pernah meminumnya di komplek perumahan Pipitan. Penjual es doger keliling yang menjajakan. Dan yang tak terlupakan yaitu meminum es doger di taman Suropati saat suamiku melamarku.

Dan kini, es podeng yang aku kenal lewat gerobag dorong juga. Harganya hanya dua, antara Rp. 5000 untuk cup yang besar dan Rp.3000 untuk cup kecil. Ini sama dengan harga jajanan keliling jasuke (jagung susu keju). Bisa saja uang segitu untuk membeli es krim di warung atau minimarket. Dengan membeli es lokal sama saja melestarikan minuman tradisi dan budaya. Rasanya tidak kalah enak dengan es krim yang ada di freezer warung atau toko.
Ada alpukat bikin tambah seger


Es podeng berasal dari kata bahasa Perancis, Podeng berasal dari kata Podeng yang artinya putar, putar yang dimaksud adalah proses pembuatan eskrim dengan cara diputar.

Bangsa Belanda yang mengenalkan es Podeng ke Indonesia pada abad 18. Sebutan es Podeng mulai populer pada abad 20, di Indonesia. Es Podeng gak hanya eskrim aja, bahan lain ada jelly, alpukat, potongan roti tawar dan ketan hitam, masih ada pelengkap lainnya seperti kacang tanah, coklat misis dan susu kental manis.

Karena es sudah diputar menghasilkan es yang lembut, langsung meleleh dilidah bercampur rasa manis dari susu dan kriuk-kriuk gurih dari kacang. Campuran seperti jelli, potongan roti tawar membuat dilidah semakin ramai ada banyak rasa. Sebaiknya setelah disajikan langsung disantap, karena cepat sekali mencair, nantunya sensasi es yang lembut dingin dilidah berkurang. Dan yang pasti enak diminum setelah disajikan. Paling cocok dimakan saat terik. Apalagi bareng temen atau pasangan sambil ngobrol hangat.

Beralih membahas es doger, ini katanya dari idenya orang sunda tapi es doger ini termasuk aneka minuman yang populer di betawi, Jakarta. Es doger ini juga masuk ke dalam website Lembaga Kebudayaan Betawi. Selengkapnya bisa dibaca disini. Singkatnya adalah Es Doger minuman khas betawi. Es Doger ini juga sering disajikan dalam acara-acara besar, seperti syukuran, sunatan sampai dengan pernikahan. Begitupun untuk es podeng. Dan yang membedakan antara es doger dan es podeng hanya pada bahan saja. Jika es doger diberi tambahan tape singkong, serutan kelapa dan sirup berwarna merah.

Selain es Podeng ada es Oyen dan es Doger yang terkenal di kota Bandung Jawa barat, keduanya merupakan varian es Podeng. Untuk es oyen aku belum mencicipinya.

No comments: