Friday 19 January 2018

Surat Untuk Gubernur

                                    Kampung Rawa, 20 Januari 2018


YTH, Bpk Gubernur Anies Baswedan

Assalamualaykum Warohmatullohi Wabarokatuh,
Tanpa mengurangi rasa hormat saya,
Saya adalah ibu rumah tangga yang sedang dirundung gelisah akan rencana pembongkaran TPS (Tempat Penampungan Sementara) Proyek Pasar Senen Blok III. Berdasar informasi yang diterima 26 Januari untuk mengosongkan kios, dan tanggal 29 Januari pemadaman listrik. Ini pertanda pemadaman pendapatan, mengingat suami mencari nafkah membuka usaha sablon di tempat tsb. Sayang, hingga saat ini belum mampu untuk menyewa kios di Blok III dengan bangunan baru yang harga sewanya 30 juta pertahun. Uang sebesar itu kami tidak mampu. Bangunan baru yang berpendingin juga membuat para pengusaha sablon tidak bisa bekerja. Suami dan teman-teman biasa bergulat dengan cat, air yang bisa membuat kotor dan berwarna.

Kami juga bukan asli warga ibu kota, perantau yang mencoba keberuntungan di ibu kota. Boro-boro kami bisa membeli rusun yang konon DP 0%, hidup dikontrakan sepetak bertembok dinding saja sudah alhamdulillah. Penghasilan kami tak bisa ditebak, namanya orang dagang kadang banyak, kadang sedikit, namun tetap disyukuri. Kami juga bukan tipe warga yang menyerah pada keadaan, kami tidak mengemis, bukan penghuni kolong jembatan atau gelandangan yang sering kami temui di jalanan.

Pak Gubernur yang Terhormat,
Semoga kegelisahan saya dan para istri pengusaha sablon segera mendapat pencerahan. Ada tempat yang disediakan, dan dengan sewa ruko yang tidak mencekik leher. Kami pengusaha kecil, yang mencari keuntungan tidak seberapa dibanding perusahaan percetakan besar. Konon, tukang becak saja kembali perbolehkan beroperasi lagi, bagaimana kami yang beraktifitas tidak mengganggu dan menghalangi sesiapun dihalang-halangi?. Para penyablon ini juga sebagai indikasi menjelang pesta politik. Tidakkah ingin menghidupkannya, pak?

Tanpa menghormati rasa hormat saya, semoga kegelisahan kami bisa terurai dan terjawab. Kami percaya bapak Gubernur yang bijak mampu mengatasi masalah ini.

Mohon maaf jika ada kesalahan,
Wassalamualaykum Warohmatullohi wabatokatuh


Hormat saya,
Af'idatun Nasikhah

Informasi tentang TPS dan gedung baru blok III

No comments: